4 Cara Mengatasi WC Mampet Paling Ampuh Tanpa Penyedot

Cara Mengatasi WC Mampet – Kamar mandi merupakan salah satu elemen yang sangat penting pada setiap tipe bangunan, karena setiap hari selalu digunakan untuk berbagai keperluan. Selain digunakan untuk mandi, kamar mandi yang kebanyakan juga terdapat kloset tentunya juga digunakan untuk keperluan buang air kecil maupun buang air besar.

Kloset sendiri bisa dibilang merupakan salah satu elemen pada kamar mandi yang memang perlu mendapatkan perhatian lebih. Mulai dari segi cara pemasangan, cara pemakaian dan cara perawatan. Bukan tanpa alasan mengapa beberapa hal tersebut perlu diperhatikan, mengingat baik kloset duduk ataupun jongkok sendiri kerap rusak. Salah satu jenis kerusakan yang notabenya kerap terjadi sendiri seperti WC mampet.

cara mengatasi wc mampet

Banyak penyebab mengapa WC bisa mampet dan banyak juga cara mengatasi wc mampet. Selain bisa juga disebabkan cara pemasangannya kurang dilakukan sesuai standar, alasan lain mengapa toilet bisa mampet sendiri sudah pasti dikarenakan cara penggunaannya kurang dilakukan dengan baik. Beberapa contoh diantaranya sendiri ialah membuang sampah ke dalam kloset seperti tisu, pembalut, cotton bud, tusuk gigi, dan popok bayi dan sebagainya. Kasus seperti ini sendiri kebanyakan ditemukan di berbagai toilet umum.

Hal semacam ini bisa dibilang secara tidak langsung memaksa pihak pengelola atau pemilik rumah untuk segera menggunakan jasa terkait. Mungkin di setiap kota besar sendiri jasa tukang sedot wc sendiri cukup banyak, namun sedikit pengecualian untuk di daerah kecil seperti pedesaan hingga perkampungan. Mau tak mau pemilik harus segera mempelajari cara mengatasi wc mampet dan semua harus dikerjakan sendiri dengan peralatan seadanya. Berikut beberapa cara mudah mengatasi toilet mampet paling ampuh dan mudah yang bisa langsung diaplikasikan.

4 Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Penyedot

  • Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

mengatasi wc mampet menggunakan sabun

Cara pertama yang bisa dicoba untuk mengatasi wc mampet tanpa alat penyedot sendiri cukup mudah. Langkah pertama ialah harus menyiapkan 1 cangkir sabun cuci piring cair, air panas secukupnya dan handuk. Letakkan handuk tepat di sekitar bawah kloset untuk melindungi lantai dari tumpahan air wc. Setelah itu masukkan sabun cuci piring cair ke dalam WC dan diamkan beberapa menit sampai sabun mengendap. Sabun cuci piring cair sendiri bertujuan untuk melicinkan saluran pipa WC agar bisa mengalir lebih lancar ke septic tank.

Setelah dirasa sudah mengendap, maka tahap kedua sendiri ialah menuangkan air panas yang banyak ke dalam WC dengan catatan tidak air WC tidak sampai tumpah. Kemudian diamkan kurang lebih selama 30 menit lalu flush atau siram untuk mengecek apakah WC langsung bisa bekerja normal atau tidak. Jika semisal kurang masih kurang bekerja dengan normal, lakukan cara mengatasi WC mampet ini berkali-kali hingga WC bisa kembali normal.

  • Gunakan Kombinasi Baking Soda dan Cuka

mengatasi wc mampet menggunakan cuka

Kedua kombinasi baking soda dan cuka sendiri memang kerap digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti membersihkan kotoran membandel dan hingga mengatasi wastafel tersumbat. Ternyata baking soda dan cuka sendiri juga kerap digunakan beberapa orang untuk mengatasi WC tersumbat. Langkah pertama ialah tuangkan satu cangkir baking soda ke permukaan air WC dan tunggu beberapa menit sampai mengendap. Setelah itu, tuangkan cuka dengan gerakan memutar agar cuka bisa tersebar secara merata.

Dalam selang beberapa detik hingga menit, terdapat reaksi kimia berupa gelembung-gelembung yang ditimbulkan air WC dan jangan sampai berbagai gelembung tersebut keluar dari dalam WC. Untuk lebih memastikan atau agar kandungan baking soda dan cuka bekerja lebih optimal, maka diamkan selama 1 jam dan setelah itu bisa langsung flush atau siram wc. Apabila masih tersumbat, lakukan cara ini berulang-ulang dengan jangka waktu bertahap. Tuangkan baking soda dan cuka serta biarkan semalaman. Kemudian coba lagi, apakah WC sudah berjalan normal lagi atau tidak. Cara mengatasi WC mampet dengan baking soda dan cuka sendiri cukup ampuh dan layak dicoba.

  • Menggunakan Gantungan Baju Kawat

mengatasi wc mampet menggunakan kawat

Cara mengatasi WC mampet yang satu ini bisa digunakan dengan catatan, bawah titik benda yang membuat mampet tidak terlalu jauh dari corong WC. Masyarakat sendiri bisa memanfaatkan gantungan baju kawat. Caranya sendiri ialah dengan cara memotong kawat atau kondisikan kawat sampai memanjang. Bagian ujung kawat harus dibungkus dengan kain perca dengan selotip dulu agar nantinya tidak merusak bagian dalam WC.

Setelah selesai, maka bisa langsung memasukkan bagian ujung kawat yang sudah dibungkus kain tersebut ke dalam WC melalui corong sampai masuk ke dalam saluran pipa. Semua dengan tujuan untuk menemukan benda dan mendorong benda tersebut untuk bisa masuk ke dalam septic tank. Cara mengatasi WC mampet ini dirasa sudah berhasil dengan ditandai menyusutnya air di dalam WC.

  • Menggunakan Plastik Pembungkus Makanan

mengatasi wc mampet menggunakan plastik

Bisa dibilang cara ini sendiri tidak begitu direkomendasikan, karena cukup beresiko. Hanya saja cara mengatasi WC mampet menggunakan plastik pembungkus makanan bukan berarti tidak layak untuk dicoba. Plastik yang digunakan sendiri ialah jenis plastik yang biasanya digunakan untuk membungkus makanan di minimarket atau supermarket. Langkah pertama sendiri ialah meletakkan plastik dengan posisi menutupi semua posisi duduk pada bagian paling atas lubang kloset.

Kemudian tekan tombol flush dan kemudian plastik akan bereaksi mengembang. Plastik yang mengembang tersebut harus ditekan secara perlahan dan berkali-kali dengan tujuan untuk menekan balik udara di dalam plastik ke dalam WC, sehingga udara tersebut mampu mendorong air dan benda yang menyumbat di dalam pipa.

Baca Juga : Harga Toren Air

Selain tidak enak dipandang, salah satu jenis kerusakan ruangan toilet seperti WC mampet sendiri tentunya cukup mengganggu lingkungan karena menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini dikarenakan karena pemakaiannya sendiri kurang dilakukan dengan bijak dan disiplin. Aktivitas seperti membuang benda padat ke dalam WC sendiri tentunya bisa sangat merugikan. Mungkin cukup sekian informasi mengenai cara mengatasi WC mampet paling mudah tanpa alat penyedot, semoga bisa sedikit bermanfaat.

Tinggalkan komentar