Cara Mengecat Tembok Rumah Sendiri Ala Tukang Profesional

Cara Mengecat Tembok – Tampaknya pekerjaan mengecat dinding bangunan memang terlihat sangat sepele dan tidak begitu sulit dilakukan sendiri. Letak perbedaannya sendiri apakah hasil yang akan didapatkan nantinya sama persis dengan pekerjaan yang dilakukan oleh jasa yang lebih ahli dalam mengecat. Tentunya hasil pengecatan yang dilakukan oleh orang yang masih awam akan berbeda dengan hasil yang diraih oleh jasa tukang cat tembok yang memang sudah sangat terbiasa.

Hal ini tentunya sedikit perlu dipahami bagi masyarakat yang ingin belajar mengenai cara mengecat tembok yang baik dan benar. Meskipun merk cat tembok yang akan digunakan juga sangat mempengaruhi hasil lapisan, namun bagian yang lebih penting sendiri ialah sudah mengetahui berbagai langkah awal sebelum pengecatan. Salah satu langkah yang cukup penting diantaranya ialah pastikan titik atau bagian dinding yang akan dilapisi cat harus bersih dulu terhadap debu maupun noda.cara mengecat tembok

Langkah Mengecat Tembok Yang Baik dan Benar

  • Persiapkan Permukaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa permukaan dinding harus dipastikan bebas dari debu maupun noda. Jika terdapat lubang pada dinding sebaiknya harus diperbaiki terlebih dahulu mengingat hal tersebut nantinya juga bisa mengurangi keindahan warna cat. Untuk menutup lubang pada dinding, biasanya tukang yang sudah sangat ahli menggunakan plamir.

Untuk mengecat dinding dalam ruangan, biasanya tukang cat yang sudah sangat profesional juga menggunakan lakban untuk melindungi bagian tertentu yang tidak ingin terkena cat. Biasanya lakban sendiri dipasang pada lis plafon untuk melindungi lis plafon agar tidak terkena larutan cat.

Baik untuk dinding yang masih baru maupun lama, pastikan permukaannya sendiri sudah diamplas. Selain berguna untuk membersihkan noda yang tertempel pada dinding dan sekaligus meratakan lapisan plamir, dinding yang sudah diamplas sendiri tentunya juga sangat mempengaruhi hasil. Lapisan cat akan merekat dengan sempurna pada dinding yang sudah diamplas.

  • Ketahui Cara Penggunaan

Entah ingin menekan biaya atau untuk alasan yang lain, tidak sedikit masyarakat yang tidak begitu memperhatikan hal ini. Umumnya untuk lapisan pertama air untuk melarutkan cat tembok maksimal hanya 20% saja. Untuk lapisan kedua dan berikutnya, kadar air yang dicampur pada cat sendiri minimal 10%. Ketika melakukan langkah pengamplasan dan pencampuran cat dengan air bersih, sebaiknya menggunakan alat pelindung. Beberapa diantaranya seperti masker, kaca mata dan sarung tangan.

  • Gunakan Kuas Kecil Pada Bagian Yang Sulit

Bukan berarti roll cat tembok bisa digunakan pada semua bagian dinding. Untuk beberapa bagian yang sulit dan sempit, terkadang memang lebih direkomendasikan untuk menggunakan kuas kecil. Kuas kecil sendiri tentunya akan sangat berguna ketika akan mengecat sudut-sudut dinding yang tidak bisa dijangkau oleh roll.cat tembok duluxJika semisal ingin menghasilkan lapisan kuat dan rata, maka bisa menggunakan salah satu merk terbaik cat tembok yakni cat dulux. Jika semisal menggunakan cat tembok dulux, pengaplikasiannya hanya memerlukan 1-2 kali lapisan. Cat dulux sendiri juga sudah menjadi salah satu merk terbaik yang sudah sangat dipercaya oleh masyarakat banyak karena salah satu merk cat tembok tanpa timbal dan merkuri sehingga aman untuk keluarga.

  • Pembersihan Peralatan

Selain harga cat tembok itu sendiri yang terhitung sudah semakin mahal, harga peralatan cat tembok sendiri tentunya juga demikian. Agar alat nantinya bisa digunakan kembali atau agar lebih awet, maka setelah pemakaian alat sebaiknya musti dibersihkan menggunakan air bersih.

  • Cara Penyimpanan dan Penanganannya

Jika cat yang digunakan masih tersisa, maka tuang kembali larutan cat pada kemasannya dan tutup secara rapat-rapat. Simpan di tempat yang sejuk dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Cat sendiri sebaiknya disimpan di dalam ruangan yang mana bebas dari sinar matahari.

Meskipun menggunakan merk cat tembok terbaik dengan harga mahal, semua akan tetap percuma saja bila cara penggunaannya kurang begitu diperhatikan. Tidak hanya mengurangi unsur keindahan warna cat saja. Penggunaan cat tembok yang kurang baik juga terbilang lebih boros. Berbeda lagi bagi masyarakat yang sudah sangat ahli. Selain hasilnya lebih bagus, jumlah cat yang dibutuhkan sendiri otomatis tidak melebihi standar yang sudah ditentukan.

Tinggalkan komentar