Harga Batu Bata & Batako Per Biji Terbaru 2019

Harga Batu Bata Batako – Semua tergantung selera atau kebutuhan masyarakat apakah lebih menyukai batu bata merah atau batako. Dimana secara keseluruan kedua jenis material bangunan untuk kebutuhan pasangan dinding tersebut juga mempunyai segi kekurangan dan kelebihan. Semua bisa disesuaikan sendiri jenis batu bata mana yang dinilai lebih cocok untuk bangunan yang sedang dibangun atau direnovasi.

Selain material untuk kebutuhan pembuatan pasangan dinding. Untuk ukuran membangun rumah atau gedung baru pastinya masyarakat juga membutuhkan material batu kali biasa, batu kali belah dan batu kali knecker. Mengingat beberapa material ini sendiri juga merupakan bahan baku utama untuk kebutuhan konstruksi pondasi dan dek beton bangunan.

Serupa dengan material untuk pasangan tembok bangunan seperti bata ringan dan batu kumbung. Harga batu bata batako per bijinya sendiri juga semakin tidak murah. Khusus untuk batako yang mana harga sendiri tergantung jenis batako itu sendiri. Dimana di pasaran sendiri terdapat 2 jenis batako yang dijual dengan standar harga yang tidak sama.

Jenis Batako

  • Batako Putihbatako putih

Batako trass atau lebih dikenal dengan istilah batako putih merupakan material yang terbuat dari campuran bahan trass, batu kapur dan air. Trass sendiri merupakan jenis tanah yang diambil dari lapukan gunung-gunung berapi yang mempunyai ciri warna putih dan kecokelatan. Ukuran batako trass yang ada di pasaran sendiri juga sangat bervariasi. Umumnya batako putih yang dijual di pasaran sendiri mempunyai ukuran panjang 20 cm-30 cm, tebal 8 cm-10 cm dan tinggi 14 cm-18 cm. Harga batako putih per biji di pasaran sendiri terbilang lebih terjangkau daripada batako press.

  • Batako Semenharga batako

Batako jenis ini sendiri merupakan batako yang dibuat dari campuran bahan semen, koral, air dan pasir. Ciri umum batako jenis ini sendiri ialah mempunyai 2-3 lubang yang berguna untuk pengait pada bagian nat pasangan dinding. Batako semen sendiri juga terdapat dalam 2 tipe yakni batako press manual dan batako press mesin. Untuk tipe batako press mesin sendiri mempunyai kisaran harga paling mahal.harga bata merahLayaknya batako, harga bata merah per bijinya sendiri juga tergantung ukuran. Selain itu, mahal atau murahnya harga batu bata merah press yang dihasilkan dari mesin sendiri sedikit lebih mahal daripada bata merah yang dihasilkan dari cetakan manual. Berikut harga batu bata batako terbaru yang bisa langsung dikoreksi.

Harga Batu Bata & Batako Terbaru 2019

Spesifikasi batu bata
satuan
harga
Batako manual
Biji
3.000,-
Batu Bata Merah (biasa)
Biji
500,-
Batu Bata Merah (oven)
Biji
950,-
Batu Kali Belah
m3
195.000,-
Split
pick up
300.000,-
Split
truk
1.200.000,-
Batu Knecker
m3
230.000,-
Batu Candi (30 x 30)
m2
125.000,-
Batu Andesit (30 x 30)
m2
175.000,-
Batu Bali
10 kg
90.000,-
Batu Batako Putih
1 biji
3.500,-
Batu Batako mesin Press
1 biji
3.500,-

catatan:

  • Harga Sewaktu-waktu bisa berubah.
  • Harga belum termasuk ongkos pengiriman.
  • Harga yang tertera hanya berlaku untuk daerah JaBoDeTaBek.

Harga Bata Merah Oven WiLayah Jawa Timur

KotasatuanHarga
KEDIRIBijiRp. 450,-
MADIUNBijiRp. 480,-
BLITARBijiRp. 630,-
MALANGBijiRp. 650,-
TULUNGAGUNGBijiRp. 520,-
NGANJUKBijiRp. 430,-
MOJOKERTOBijiRp. 450,-
SURABAYABijiRp. 650,-

Perbandingan Bata Merah dan Batako

  1. Bata merah mempunyai struktur lebih kuat, mengingat lebih mempunyai banyak nat.
  2. Membuat dinding bangunan jauh lebih cepat menggunakan batako.
  3. batako lebih kedap suara dan air.
  4. suhu ruangan dalam bangunan yang menggunakan batako lebih pengap.
  5. harga bata merah lebih murah, namun lebih lama dalam segi pengerjaan dan begitupun untuk sebaliknya.

Standar harga batu bata batako yang ada di setiap daerah di Indonesia sendiri sudah tidak sama. Meskipun ada perbedaan harga, namun selisihnya sendiri tidak begitu terpaut jauh. Selain itu hampir setiap tahun juga terjadi perbubahan harga. Oleh sebab itu, untuk mengetahui harga pastinya mengenai harga batako dan harga bata merah per bijinya sendiri, maka bisa langsung cek di pabrik batu bata terdekat di wilayah masing-masing.

Tinggalkan komentar