Harga Buis Beton Semua Ukuran Terbaru Februari 2020

Harga Buis Beton – Bisa dibilang salah satu jenis beton pracetak seperti buis beton memang disediakan agar konstruksi drainase bisa cepat selesai. Selain digunakan untuk kepentingan pembangunan saluran gorong-gorong, buis beton juga terdapat dalam varian bulat yang mana bisa difungsikan untuk sumur resapan atau tangki septik.

Jika semisal dibandingkan dengan pasangan batu bata ataupun batu kali, tentunya pengerjaan pembuatan gorong-gorong menggunakan material buis beton jauh lebih cepat. Tentunya hal ini juga menjadi keuntungan tersendiri bagi jasa pemborong terkait. Bentuk buis beton sama persis satu dengan lainnya, sehingga bisa langsung dipasang secara horisontal.harga buis betonSifatnya mungkin tidak berbeda dengan u ditch beton ataupun box culvert. Perbedaannya sendiri dari segi bentuk yang mana bentuk buis beton sendiri menyerupai pipa. Selain bentuk pipa, buis beton sendiri juga terdapat dalam varian belah atau setengah lingkaran. Kebanyakan buis beton setengah lingkaran sendiri lebih difungsikan untuk saluran drainase di tepi jalanan.

Kualitas buis beton sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi. Terlebih lagi harga buis beton per buahnya sendiri cenderung lebih murah daripada u ditch beton. Layaknya betan pracetak pada umumnya, buis beton sendiri mempunyai struktur tulangan yang kuat. Dimana jenis tulangan yang digunakan untuk pembuatan buis beton sendiri ialah jenis besi ulir.

Daftar Harga Buis Beton Terbaru 2020

buis beton belahJenis buis beton pertama dan bisa dibilang lebih laris di pasaran sendiri ialah jenis buis beton belah. Serupa dengan harga u ditch beton, harga buis beton belah sendiri tergantung ukuran diameter dan tebal. Umumnya standar panjang buis beton setegah lingkaran sendiri ada 2 jenis yakni dengan panjang 1 meter dan 0,5 meter. Ukuran ketebalannya sendiri juga sangat bervariasi mulai dari 2,5 cm, 3 cm, 4 cm, 5 cm, 8 cm dan masih banyak lagi.

DiameterUkuranHarga
Buis Beton Belah 20 cmtebal 2,5 cm x panjang 100 cmRp 55.000
Buis Beton Belah 30 cmtebal 3 cm x panjang 100 cmRp 70.000
Buis Beton Belah 40 cmtebal 4 cm x panjang 100 cmRp 85.000
Buis Beton Belah 50 cmtebal 4,5 cm x panjang 100 cmRp 135.000
Buis Beton Belah 60 cmtebal 6 cm x panjang 100 cmRp 175.000
Buis Beton Belah 80 cmtebal 8 cm x panjang 50 cmRp 175.000
Buis Beton Belah 100 cmtebal 8 cm x panjang 50 cmRp 205.000

buis beton bulatUntuk tipe buis beton bulat atau lingkaran, mungkin lebih banyak difungsikan untuk pembuatan saluran resapan dan septic tank. Umumnya jenis buis beton lingkaran mempunyai permukaan halus dan keras daripada buis beton belah. Jika semisal digunakan untuk keperluan pembuatan sumur resapan, maka lebih direkomendasikan menggunakan buis beton berdiameter setidaknya 80 – 100 cm. Selebihnya sama yakni harga buis beton lingkaran semua juga tergantung ukuran ketebalan dan diamter buis beton itu sendiri.

DiameterUkuranHarga
Buis Beton Bulat 20 cmtebal 2,5 cm x panjang 100 cmRp 60.000
Buis Beton Bulat 30 cmtebal 3 cm x panjang 100 cmRp 75.000
Buis Beton Bulat 40 cmtebal 4 cm x panjang 100 cmRp 90.000
Buis Beton Bulat 50 cmtebal 4,5 cm x panjang 100 cmRp 120.000
Buis Beton Bulat 60 cmtebal 6 cm x panjang 100 cmRp 180.000
Buis Beton Bulat 80 cmtebal 8 cm x panjang 50 cmRp 180.000
Buis Beton Bulat 100 cmtebal 8 cm x panjang 50 cmRp 200.000

Kelebihan Buis Beton

buis beton sumur resapanBuis beton sendiri terbuat dari campuran pasir halus, sehingga mampu menciptakan pori-pori tersendiri untuk membantu memaksimalkan resapan. Selain itu, buis beton sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni tipe bertulang dan biasa. Meskipun menggunakan tipe bertulang, akan tetapi buis beton yang nantinya diigunakan sebagai gorong-gorong tidak boleh dilalui kendaraan lebih dari 2 ton. Berikut kelebihan menggunakan buis beton:

  • Membantu Meminimalisir Level Muka Air Tanah Turun

Hal ini tentunya juga dapat dirasakan masyarakat yang bertempat tinggal di pemukiman padat penduduk. Pengambilan level muka air tanah yang berlebihan, otomatis menyebabkan level tanah turun. Hal ini dikarenakan tanah bergeser untuk mengisi kekosongan rongga yang ditinggalkan air di dalam tanah. Jika semisal bertempat tinggal di daerah pesisir, maka biasanya dapat terjadi intrusi air laut.

  • Mengurangi Kemungkinan Terjadinya Longsor

Terutama pergeseran dari musim kemarau ke musim penghujan, tentunya permasalahan ini juga harus diperhatikan. Dimana luasnya daerah tangkapan air yang tinggi dan ditambah dengan debit air hujan yang tinggi, juga dapat menyebabkan struktur tanah menjadi labil. Semua dikarenakan, bahwa tanah mengisi rongga yang kosong yang ditinggalkan air tanah, sehingga juga berpotensi dapat terjadinya longsor.

Inti dari menggunakan buis beton sebagai sumur resapan sendiri ialah untuk membantu menyimpan persediaan air di dalam tanah. Terutama untuk bangunan yang berada pada daerah datar dan padat penduduk, maka menggunakan buis beton sebagai media sumur resapan sudah menjadi nilai wajib. Hal ini juga ditegaskan lewat Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 12 Th 2009 dan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No 68 Th 2005, bab II pasal 2. Mungkin cukup sekian informasi sederhana mengenai harga buis beton, semoga bisa sedikit bermanfaat.

Tinggalkan komentar