Harga Dak Keraton Per Meter Terbaru 2020

Harga Dak Keraton – Seiring dengan semakin mahalnya harga material bangunan sudah banyak sekali berbagai material alternatif yang sifatnya lebih ekonomis. Banyak sekali berbagai jenis material bangunan yang bisa dibilang sangat membantu dan salah satunya ialah komposit keramik beton atau lebih yang kerap disebut dak keraton. Dimana salah satu material pengganti adonan dak beton yang sifatnya lebih efektif dan efesien.

Untuk kebutuhan konstruksi dak lantai pada bangunan bertingkat, komposit keramik beton sendiri tentu tidak kalah berkualitas dengan beton ready mix. Menggunakan dak keraton untuk kebutuhan pembuatan dak lantai, tentunya mempunyai sisi kelebihan tersendiri. Selain harga dak keraton per meternya sendiri yang terhitung murah, pengerjaan pembuatan lantai dak sendiri sudah pasti jauh lebih mudah dan cepat selesai.

Dak keraton sendiri awal mulanya hanya digunakan di berbagai negara di Eropa saja. Kemudian material ini masuk ke Indonesia di bawah pengawasan UNIDO/UNDP (PBB Project INS/74/034). Setelah melalui penelitian dan pengembangan yang dilakukan sekitar tahun 1977 sampai 1990, dak keraton resmi beredar di pasaran dengan satuan harga per meter.

Ciri umum dak keraton sendiri hampir menyerupai bata merah. Hanya saja bentuknya sendiri sudah dirancang sedemikian rupa dan sudah dilengkapi berbagai jumlah lubang. Meskipun dari tanah liat, namun segi kekuatan dak keraton per bijinya sendiri sangatlah kuat. Dimana dak keraton dibuat dari proses pemanasan dengan suhu di atas 1000 derajat celcius. Pola pemasangan dak keraton sendiri menggunakan teknik pelat satu arah /one way slab dengan memanfaatkan besi beton yang dihubungkan satu sama lain melalui lubang-lubang yang ada pada dak keraton itu sendiri.

harga dak keraton

Daftar Harga Dak Keraton

Serupa dengan harga bahan bangunan pada umumnya. Dimana standar harga dak keraton terpasang yang ada di beberapa kota besar sendiri sangat berbeda. Entah itu di Jakarta, Surabaya, Malang maupun kota besar lainnya yang jelas tidak sama. Jadi semua bisa disesuaikan sendiri berdasarkan daerah tempat tinggal masing-masing.

  • Harga Dak Keraton Per Meter terpasang sendiri ialah Rp. 580.000/m2

Perihal lama pengerjaan atau pemasangan, sudah pasti konstruksi dak keraton sendiri jauh lebih unggul. Meskipun demikian mungkin akan jauh lebih baik jika masyarakat yang akan menggunakan dak keraton sendiri mempertimbangkan terlebih dulu atau sudah menghitung estimasi biaya antara biaya cor dak konvensional dengan biaya cor dak keraton.

Contoh Estimasi Dak Keraton dan Dak Konvensional

  • Dak Beton Konvensional

BIAYA COR BETON KONVENSIONAL dengan Perbandingan 1 PC : 2 Pasir : 3 kerikil
Kebutuhan Material Koefisien X Harga Satuan Harga
Besi lapis bawah 10 mm 20 batang x 80,000 Rp 1.600.000
besi lapis atas 8 mm 20 batang x 55,000 Rp 1.100.000
Pasir 0,7 m³ x 600,000 Rp 420.000
Kerikil 1 m³ x 400,000 Rp 400.000
Semen 8,75 sak x 63,000 Rp 551.250
bekisting + triplek 9 mm + kaso 4/6 + bambu Rp 1.750.000
upah tukang per m³ Rp 1.400.000
total biaya cor dak konvensional per m³ Rp 7.221.250
1 m³ sama dengan luasan 8 m²
jadi total biaya cor dak konvensional per m² Rp 903.000
  • Dak Keraton

BIAYA COR DAK BETON KERATON dengan Perbandingan 1 PC : 2 Pasir
Kebutuhan Material Koefisien X Harga Satuan Harga
dak keraton 1 m² 18 biji x 9500 Rp 171.000
Besi ukuran 10 mm 1 lonjor x 80,000 Rp 80.000
Besi ukuran 8 mm 1 lonjor x 55,000 Rp 55.000
Pasir 1 sak x 25,000 Rp 25.000
Semen ½ sak x 63,000 Rp 31.500
Bendrat ½ kg x 10,000 Rp 5.000
Upah tukang per m² Rp 170.000
jumlah Rp 537.500
jadi total biaya cor dak keraton per m² Rp 537.500

Kelebihan dan Kekurangan Dak Keraton

cara pasang dak keraton

Layaknya material bangunan lainnya. Selain mempunyai sisi kelebihan, tentunya dak keraton sendiri juga mempunyai sisi kekurangan. Disamping mengenai harga dak keraton per meter itu sendiri, hal ini sendiri mungkin juga tidak kalah penting untuk diketahui oleh masyarakat yang belum begitu tahu banyak tentang dak keraton. Berikut beberapa sisi kelebihan dan kekurangan menggunakan dak keraton.

Kelebihan dak Keraton

  • Bobot Ringan

Ini merupakan salah satu sisi kelebihan yang disukai, terlebih lagi untuk tenaga tukang yang tengah dipekerjakan. Bobot dak keraton sendiri tidak begitu berat. Bobotnya sendiri sekitar 130-150kg per m2. Tentunya tidak lebih berat daripada dak beton konvensional yang bobotnya sekitar 288kg per m2. Mengingat tidak terlalu berat, tentunya konstruksi dak beton sendiri terasa lebih ringan dan cepat selesai.

  • Harga Ekonomis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa konstruksi dak keraton sendiri sifatnya lebih ekonomis. Jika dikalkukasikan dengan konstruksi dak beton konvensional, dak keraton sendiri 50% lebih murah. Dak keraton sendiri merupakan material yang direkomendasikan bagi masyarakat dengan keterbatasan biaya.

  • Pengerjaan Lebih Cepat

Untuk ukuran tenaga tukang dan kuli bangunan yang tengah dikerjakan, maka hal ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Terlebih lagi untuk tenaga bangunan dengan sistem kerja harian, semakin cepat maka semakin baik. Begitupun sebaliknya yang mana semakin molornya waktu pembangunan, maka biaya operasional sendiri otomatis juga membengkak.

  • Isolator Panas dan Tahan Gempa

Harga dak keraton sendiri memang murah, namun dari segi kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan salah satu alasan mengapa dak keraton sendiri jauh lebih baik adalah karena hal ini. Dimana dak keraton sendiri mempunyai saluran isolator panas dan tahan terhadap gempa. Panas yang ada di dalam dak bisa langsung dibuang. Suhu ruangan bangunan yang menggunakan konstruksi dak keraton sendiri jauh lebih sejuk daripada dak konvensional biasa.

Kekurangan Dak Keraton

kekurangan dak keraton

  • Hanya Untuk Dak Persegi

Dak keraton sendiri sifatnya masih sangat terbatas. Dak keraton terpasang sendiri menggunakan konsep balok. Oleh sebab itu untuk cara pasang dak keraton otomatis berbentuk one-way-slab atau pengalihan beban dalam satu arah saja. Jadi bisa dibilang penggunaan dak keraton ini sendiri hanya cocok dipasang pada permukaan dak yang berbentuk persegi saja.

  • Lapisan Beton Tidak Terlalu Tebal

Semua bisa disesuaikan sendiri berdasarkan kebutuhan dan biaya. Dimana bagian beton yang notabenya menjadi komposit, relatif sangat tipis sehingga akan memaksakan perilaku beban lentur global. Jika semisal dikondisikan dengan beban yang lebih merata, maka akan jauh lebih direkomendasikan dengan beban terpusat. Jika semisal hal tersebut tetap dipaksakan, maka akan jauh lebih baik ketebalan beton ditambah dan hal itu sudah pasti membuat bobot lebih berat. Untuk perihal hal ini sendiri mungkin akan jauh lebih baik berkonsultasi dengan tukang bangunan yang sudah berpengalaman atau jasa kontraktor ahli.

  • Penanganan Khusus Ketika Akan Memasang Plafon

Sudah pasti berbeda dan perlu dilakukan dengan kehati-hatian. Dimana material keramik yang ada pada bagian rongga dalam dak keraton sendiri terbilang sangat labil. Ketika semisal akan memasang plafon tidak boleh dilakukan dengan asal memaku saja. Hal ini sendiri diperlukan tenaga atau tukang yang sudah mempunyai pengalaman dalam melakukannya.

Baca Juga : Harga Bondek Terbaru

Mungkin material dak keraton sendiri belum merata digunakan oleh seluruh masyarakat. Selain penyebarannya belum merata, memang masih banyak masyarakat yang belum tahu banyak mengenai sisi kelebihan dak keraton. Dak keraton sediri mungkin lebih banyak digunakan pada bangunan yang berada di kota besar saja. Mungkin cukup sekian informasi sederhana mengenai harga dak keraton beton per meter terbaru, semoga bisa sedikit merasa terbantu.

Tinggalkan komentar