Harga Selang Air Per Meter Terbaru 2020

Harga Selang Air – Secara universal selang air sendiri terbagi menjadi dua tipe yakni selang air biasa dan selang air panas. Untuk tipe selang air biasanya sendiri terbagi menjadi beberapa tipe dengan tingkat spesikasi yang berbeda. Begitupun untuk jenis selang air panas yang mana juga terdapat jenis dan ukuran yang bervariasi.

Selang air biasa yang notabenya lebih laris di pasaran sendiri ialah selang plastik elastis warna. Selang ini sendiri sifatnya memang lebih mudah untuk digunakan. Selang ini sendiri sifatnya cukup tahan terhadap tekanan seperti tidak mudah sobek ketika terinjak. Jika dibandingkan dengan selang air panas atau selang spiral, harga selang air elastis per meternya sendiri cenderung lebih murah.

harga selang air

Macam Jenis Selang Air

  • Selang Air Bening

selang air bening

Selang air bening merupakan jenis selang yang terbuat dari bahan PVC atau plastik yang sifatnya kebanyakan hanya digunakan untuk kebutuhan sanitasi bertekanan kecil. Layaknya material yang terbuat dari bahan PVC, selang transparan sendiri mudah diaplikasikan karena juga bersifat elastis.

Dalam dunia konstruksi, selang air transparan sendiri biasanya digunakan untuk mengukur tingkat kesejajaran suatu tembok. Bisa dibilang selang air elastis dengan dimensi 1cm merupakan peralatan pengganti waterpass yang kerap digunakan oleh tukang bangunan. Selain itu, selang yang rata-rata hanya disediakan dalam ukuran 3 mm hingga ukuran 5/16 inci juga kerap digunakan untuk keperluan pengairan di akuarium.

  • Selang Air Plastik Elastis

selang air plastik elastis

Serupa dengan selang air plastik elastis yang mana selang yang seperti ini sendiri terbuat dari bahan utama PVC. Jika dibandingkan dengan selang transparan, selang air ini sifatnya lebih besar dan difungsikan untuk mengalirkan air dengan tekanan yang sedang. Selain digunakan untuk kebutuhan sanitasi bangunan, selang ini kerap difungsikan untuk kebutuhan menyiram tanaman dan mencuci kendaraan dan sebagainya.

Di pasaran sendiri banyak berbagai merk selang air plastik elastis dan salah satunya ialah Falcon. Selang plastik elastis sendiri kebanyakan dijual dengan satuan harga selang air per meter dengan pilihan macam warna yang bervariasi. Mulai dari warna merah, hijau, biru, oranye dan masih banyak lagi. Ukuran dimensi selang plastik elastis yang ada sendiri kebanyakan berukuran 5/8″.

  • Selang Air Karet

selang air karet

Jika bicara perihal kualitas, tentunya selang yang terbuat dari bahan karet dan pvc sendiri jauh lebih dominan. Selang karet sendiri jauh lebih kuat daripada selang air plastik elastis biasa. Selain digunakan untuk keperluan sanitasi, selang yang seperti ini sendiri juga kerap digunakan untuk pembungkus kabel listrik. Kebanyakan selang air berbahan utama karet sendiri dijual dengan satuan harga per roll.

  • Selang Air Spiral

selang air spiral

Selang jenis ini sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa lebih mudah untuk dipergunakan untuk keperluan yang spesifik. Bisa dibilang selang spiral sendiri lebih banyak digunakan untuk kebutuhan saluran air pembuangan mesin cuci. Selang spiral mempunyai spesifikasi bentuk yang mudah ditekuk dan mempunyai permukaan yang cukup kuat. Harga selang air spiral sendiri juga sangat variatif yang mana semua juga tergantung merk dan dimensi yang ada.

  • Selang Air Panas

selang air panas

Bukan tanpa alasan mengapa harga selang air panas sendiri jauh lebih mahal. Dimana selang ini memang sudah dirancang khusus untuk tetap kuat menahan air bertekanan dengan suhu air sekitar 200 derajat. Selang yang terbuat dari bahan cross linked polyethylene ini biasanya digunakan untuk saluran mesin pemanas air ke shower. Selang air ini juga sangat elastis dan tersedia dalam 2 macam warna yakni merah serta oranye. Selain itu, juga tersedia dalam ukuran diameter setengah inci.

Daftar Harga Selang Air

Spesifikasi Ukuran Harga
selang air beningĀ  transparan 3/8 9mm Rp 4.500/meter
selang air bening 12,7mm Rp 6.500/meter
selang air bening 25,4mm Rp 39.500/meter
selang air transparan 38,1mm Rp 84.900/meter
selang air puso bening 100 meter 4,76mm Rp 153.650/roll
selang plastik elastis warna 15,2mm Rp 7000/meter
selang plastik elastis warna 20 meter 12,7mm Rp 50.500/roll
selang spiral Puso 50 meter 25,4mm Rp 1.124.580/roll
selang spiral Puso 50 meter 63,5mm Rp 2.796.700/roll
selang spiral Puso 20 meter 152,4mm Rp 4.044.850/roll
selang spiral Puso 6 meter 203,2mm Rp 1.933.185/roll
selang air panas warna merah 12,7mm Rp 10.500/meter

Tips Memilih Selang Air

  • Pilihlah Sesuai Ukuran Batas Maksimal Halaman Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa selang air jenis plastik elastis sendiri cenderung lebih banyak dibutuhkan. Selain dikarenakan harga selang air elastis jauh lebih murah, tipe selang ini sendiri memang terdapat dalam berbagai macam pilihan warna yang jauh lebih banyak. Memilih selang elastis sendiri semua harus disesuaikan dengan kebutuhan. Akan jauh lebih baik membeli satuan ukuran yang sesuai dengan ukuran batas halaman rumah yang dimiliki.

  • Semakin Elastis Maka Semakin Baik

Selang elastis yang ada di pasaran mempunyai tingkat keelastisan yang berbeda-beda. Jika semakin elastis, maka kisaran harganya sedikit lebih mahal. Hanya saja semua berbanding lurus dengan kualitas yang ada yang mana selang yang semakin elastis sendiri jauh lebih kuat dan awet. Begitupun untuk ukuran diameter lubang selang. Jika ukuran diameternya semakin kecil, maka aliran air terbilang lebih lancar dan kencang.

Baca Juga : Harga Sambungan Pipa PVC

Jika semisal dibandingkan dengan pipa paralon pvc, tentunya selang air sendiri sifatnya lebih universal. Dimana kebanyakan selang air sendiri lebih bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih spesifik. Berbeda dengan paralon yang dalam pengaplikasiannya kebanyakan ditanam di dalam tanah dan tembok. Demikian informasi sederhana mengenai harga selang air per meter dan per roll, semoga bisa sedikit merasa terbantu.

Tinggalkan komentar