15 Jenis Cat Bangunan Beserta Kegunaannya + Gambar

Jenis Cat Bangunan – Selain dapat menumbuhkan kesan keindahan pada bangunan, tentu ada alasan lain mengapa cat sendiri begitu penting untuk digunakan. Material apapun yang sudah terlapisi cat, bisa dikatakan tidak akan mudah rusak. Dimana rata-rata setiap kandungan bahan kimia yang ada di dalam cat dapat mencegah reaksi oksidasi yang merugikan seperti karat dan sebagainya.

Secara universal cat sendiri terdapat dalam 3 jenis yakni cat tembok, cat kayu dan cat besi. Hanya saja semua mempunyai beberapa tingkatan yang berbeda. Misalnya salah satunya untuk tipe cat besi atau cat untuk mengecat bodi kendaraan yang mana terdapat cat untuk untuk lapisan dalam, lapisan tengah dan cat lapisan paling akhir.

jenis cat bangunan

4 Jenis Cat Bangunan Berdasarkan Lapisan

  • Cat primer

Apapun media yang akan dicat apakah itu terbuat dari bahan kayu, besi atapun dinding. Pada dasarnya cat primer sendiri sangat berpengaruh terhadap kesempurnaan hasil akhir. Cat primer sendiri terdapat dalam 2 tipe yakni terbuat dari bahan minyak dan air. Cat ini sendiri dapat membantu daya lekat semakin kuat untuk lapisan cat setelahnya. Jadi lapisan setelahnya tidak akan mudah rusak atau terkelupas.

  • Cat Undercoat

Cat undercoat sendiri bisa dibilang merupakan jenis cat bangunan lapisan kedua setelah cat primer. Jenis cat yang biasanya terbuat dari bahan utama minyak ini sendiri bertugas untuk menghaluskan permukaan lapisan yang ditinggalkan oleh cat primer. Selain itu, cat undercoat juga melindungi lapisan cat primer dari pengaruh sinar ultraviolet.

  • Cat Akhir

cat finishing

Cat finishing sendiri sudah pasti bertugas untuk memunculkan warna pada lapisan untuk lebih menarik dan sekaligus berguna untuk menutup pori-pori yang masih ditinggalkan oleh lapisan sebelumnya. Biasanya cat ini sendiri kerap langsung digunakan untuk mengecat dinding dan langit-langit bangunan. Cat emulsi yang berbahan dasar air dengan campuran vinil dan akrilik resin yang notabenya lebih awet dari jenis konvensional. Berikut tipe cat emulsi yang ada di pasaran.

  1. Emulsi vinyl matt (tidak mengkilap).
  2. Vinyl satin (kilap yang lembut).
  3. Vinyl silk (kilap tingkat tinggi).

Sama halnya dengan cat glossy yang mana mempunyai peranan yang sama. Hanya saja cat glossy sendiri hanya digunakan untuk media kayu dan besi pada exterior bangunan. Dimana cat glossy sendiri dapat memberikan efek yang berbeda setelah lapisan sebelumnya. Berikut beberapa tipe cat glossy yang ada di pasaran.

  1. liquid gloss.
  2. eggshell.
  3. silthane.
  • Cat Top Coat

cat top coat

Top coat atau clear coat merupakan lapisan cat yang bertugas paling akhir jika semisal menggunakan sistem pengecatan metalik. Secara garis besar tipe cat yang seperti ini sendiri dapat memberikan daya kilap jauh lebih kuat daripada lapisan sebelumnya. Sudah banyak sekali berbagai merk cat top coat yang ada di pasaran.

11 Jenis Cat Bangunan Berdasarkan Peruntukannya

Setelah membahas mengenai jenis cat bangunan berdasarkan lapisan, maka bagian yang tak kalah menarik untuk dibahas ialah beberapa macam jenis cat berdasarkan peruntukannya. Banyak tipe dan varian cat yang seperti ini yang dijual di pasaran. Mulai dari anti jamur, anti air, khusus untuk kayu dan sebagainya.

  • Cat Alkyd Syntetic

cat alkyd syntetic

Banyak sekali merk jenis cat alkyd syntetic yang bisa digunakan, entah itu untuk melapisi elemen interior ataupun exterior bangunan. Ciri umum cat ini sendiri dapat memberikan hasil kilap sempurna pada permukaan yang dicat. Entah itu furniture atau tembok bangunan. Berikut beberapa kelebihan alkyd syntetic:

  1. Tahan lama.
  2. Kuat untuk segala macam cuaca.
  3. Bebas jamur.
  4. Bisa dipulas untuk media kayu maupun besi.
  • Cat Zinc Chromate Primer

cat zinc chromate primer

Misalnya jika tengah kebingunan dalam memilih cat untuk mengecat pagar besi bangunan, maka bisa menjatuhkan pilihannya ke jenis Cat Zinc Chromate Primer. Apapun jenis pagar besinya entah itu jenis besi hollow ataupun besi ulir, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan tipe cat seperti ini.

  • Cat Duco

Cukup banyak yang masih mengira, bahwa cat duco sendiri istilah untuk mengecat bodi mobil. Namun di pasaran sendiri terdapat beberapa jenis cat duco yang bisa difungsikan untuk mengecat berbagai furniture interior maupun exterior bangunan entah itu untuk mengecat meja kayu, kursi besi, kitchen set dan sebagainya.

  • Cat Emulsi Styrene Acrylic

cat emulsi styrene acrylic

Berbeda dengan tipe cat Emulsi Styrene Acrylic. Cat ini sendiri lebih difungsikan untuk mengecat asbes, batako, beton, plesteran, hingga tripleks. Selain dapat memberikan warna yang menarik, cat ini sendiri mempunyai kandungan yang secara khusus melindungi permukaan dari air.

  • Cat Expoxy

Dari sekian banyak jenis cat besi, bisa dibilang mungkin cat expoxy sendiri merupakan jenis cat yang mempunyai kandungan resin terkuat. Apapun media yang akan dicat entah itu material kayu, besi, kaca, beton dan sebaginya. Cat yang sifatnya lengket ini sendiri dapat digunakan dengan maksud untuk memperkuat media yang dicat agar tidak mudah rusak. Beberapa tipe cat expoxy sebagai berikut:

  1. Lem epoxy
  2. Epoxy injection
  3. Dempul epoxy
  • Cat Melamic

Untuk jenis cat melamic sendiri merupakan cat yang hanya dikhususkan untuk melapisi material kayu saja. Aneka perabot rumah yang terbuat dari bahan kayu, maka bisa menggunakan cat yang satu ini. Terlebih lagi untuk jenis kayu jati, maka cat ini sendiri akan semakin memperindah penampilan tanpa mengurangi unsur serat kayu sedikitpun.

  • Cat Polyurethane

Cat Polyurethane atau masyarakat juga kerap menyebutnya sebagai cat PU. Cat ini sendiri sangat amat jarang digunakan, mengingat harganya cukup premium. Biasanya cat ini sendiri gunakan untuk finishing cat glossy. Lapisan cat yang sudah mengkilap tidak mudah tergores dan kuat serta dapat melindungi lapisan cat dari paparan sinar panas dan bahan kimia.

  • Cat Remover

Ketika akan mengganti warna cat lama dengan yang baru, maka diharuskan terlebih dulu menggunakan jenis cat remover. Fungsi utama cat ini sendiri ialah dapat menghilangkan lapisan cat lama. Cat ini mengandung bahan kimia yang dapat membuat lapisan cat terkelupas. Semua akan jauh lebih mudah menggunakan cat remover tanpa perlu mengamplas atau menggosoknya terlebih dulu.

  • Cat Wall Sealer

Bisa dibilang ini termasuk jenis cat dasar untuk media dinding bangunan. Tembok yang sudah diplamir dan digosok, maka cukup direkomendasikan menggunakan cat ini. Fungsi cat wall sealer sendiri ialah dapat menutup seluruh pori-pori, sehingga akan mempermudah lapisan setelahnya akan warna bisa cepat timbul.

  • Cat Stoving

Salah satu jenis cat finising berikutnya ialah cat stoving. Cat ini sendiri sangat jarang digunakan atau kebanyakan hanya digunakan pada industri besar seperti industri elektronik atau bahan logam lainnya. Cara kerja cat ini sendiri cukup berbeda dengan lainnya yang mana benda harus terlebih dulu di-oven agar mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

  • Cat Thermoplastic

Begitu halnya untuk jenis cat Cat Thermoplastic. Dimana cat ini sendiri sifatnya juga sangat premium dan sangat tersedia di pasaran. Cat ini hanya digunakan untuk membuat marka jalan dan sebagainya mengingat Cat Thermoplastic sendiri bersifat panas dan tidak mudah terkelupas.

5 Jenis Cat Bangunan Berdasarkan Hasil Akhir

Perihal masalah ini, mungkin sangat jarang orang yang memperhatikan lantaran berbagai alasan. Sebenarnya terdapat 5 macam metode finishing atau hasil akhir lapisan yang mempunyai tingkat spesifikasi yang berbeda. Beberapa diantaranya seperti Cat EggShell, Cat glossy, Cat semi glossy, cat matte dan cat satin.

  • Cat EggShell

Lapisan cat paling atas dari hasil eggshell sendiri mempunyai ciri khas tersendiri. Dimana lapisan paling luar atau atas finishing eggshell sendiri terlihat bertekstur. Meskipun demikian, permukaannya sendiri terasa sangat halus bila diraba. Kebanyakan metode ini banyak diaplikasikan untuk ruang tamu.

  • Cat Glossy

Apapun media yang digunakan entah itu kayu, besi ataupun dinding. Meskipun membutuhkan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit, Unsur kilapnya dapat membuat desain interior bangunan tampak lebih elegan dan mewah. Konsep glossy sendiri kebanyakan digunakan pada kitchen set.

  • Cat Semi Glossy

Berbeda dengan cat glossy yang mana dapat memantulkan cahaya secara maksimal. Hanya saja jasa kontraktor sendiri juga kerap mengusung tema semi glossy, agar efek pantulan cahaya yang ditimbulkan bekerja normal. Di pasaran sendiri persediaan tipe cat semi glossy sendiri juga cenderung lebih banyak daripada cat tipe glossy.

  • Cat Flat atau Matte

Berbanding terbalik dengan tipe cat glossy yang mana tipe cat matte sendiri sifatnya tidak memantulkan cahaya. Meskipun demikian, tipe cat ini sendiri tetap dapat memberikan kesan elegan karena lapisan cat yang tertempel terlihat padat.

  • Cat Satin

Jenis cat satin sendiri bisa dibilang lebih banyak tersedia di pasaran dengan berbagai macam merk dan ukuran. Mulai dari merk dulux, jotun, nippon paint dan sebagainya. Kisaran harga cat satin sendiri juga cenderung lebih murah daripada tipe lain. Cat ini sendiri sifatnya tidak memantulkan cahaya, sehingga suhu ruangan tidak mudah panas.

Kurang lebih itulah beberapa tipe dan jenis cat dengan tingkat spesifikasi yang berbeda-beda. Mungkin semua cukup penting untuk dimengerti bagi masyarakat yang semisal masih kebingunan dalam menentukan jenis cat yang akan digunakan. Mungkin cukup sekian informasi sederhana mengenai macam jenis cat bangunan, semoga bisa sedikit bermanfaat.

Tinggalkan komentar