Mengenal Profil Baja Ringan Untuk Rumah Tahan Gempa

Mengenal Profil Baja Ringan – Tidak hanya memperhatikan dari segi desain, ketika akan membangun rumah baru pastinya ada beberapa hal lain yang musti diperhatikan agar rumah juga tahan terhadap gempa. Memilih material yang akan digunakan secara tepat notabenya juga sangat berpengaruh terhadap kekuatan bangunan. Maka kehadiran material baja ringan sendiri seakan sudah menjadi solusi tersendiri.

Jika dibandingkan dengan material kayu ataupun besi, tentunya struktur atap bangunan baja ringan sendiri jauh lebih baik. Meskipun bobotnya lebih ringan, namun kekuatan rangka atap baja ringan sendiri jauh lebih kuat. Profil baja ringan untuk konstruksi rangka atap sendiri bahkan mempunyai berbagai macam bentuk yang cenderung lebih beragam. Beberapa diantaranya ialah profil C, W, Z dan B.

Terlebih lagi untuk bangunan rumah yang berada di daerah pesisir. Material profil baja ringan sendiri jauh lebih direkomendasikan untuk rangka atap bangunan. Tentunya bukan tanpa alasan, mengingat baja ringan sendiri juga tahan terhadap korosi. Oleh sebab itu, bagi masyarakat tertarik menggunakan konstruksi baja ringan maka juga tidak ada salahnya untuk mengenal profil baja ringan dari jenis-jenisnya.mengenal profil baja ringan

Macam Jenis Profil Baja Ringan

Setiap bentuk profil baja ringan mempunyai standar bentuk dan ukuran yang tidak sama. Ketika membeli ke pada produsen baja ringan, biasanya setiap produsen juga sudah menyediakan berbagai macam jenis profil dalam bentuk gambar. Gambar sendiri biasanya juga tidak hanya berupa jenis profil baja ringan melainkan juga menyertakan contoh perancangan rangka.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap profil baja ringan terdapat dalam bentuk yang berbeda-beda. Semua bisa disesuaikan sendiri berdasarkan kebutuhan perancangan yang dibuat. Berikut berbagai macam profil baja ringan yang ada di pasaran yang bisa digunakan untuk kebutuhan konstruksi atap bangunan.

  • Profil Baja Ringan Z

profil baja ringan zBukan tanpa sebab, mengingat bentuk atau ciri profil baja ringan yang satu ini memang berbentuk menyerupai huruf Z. Fungsi utama profil baja ringan Z sendiri biasanya digunakan pada profil utama dalam penyambungan dan salah satunya dipergunakan untuk pembuatan kuda-kuda atap. Kelebihan profil yang satu ini dapat menyeimbangkan beban di kanan kirinya, mengingat titik berat baja ringan Z memang berada pada bagian tengah.

  • Profil Baja Ringan C dan W

baja ringan profil wBisa dibilang profil baja ringan C dan W sendiri merupakan profil agar kekuatan sambungan profil Z agar lebih maksimal. Sebenarnya profil C dan W sendiri mempunyai bentuk yang sama, hanya saja standar pabrik ukuran profil W cenderung lebih besar dibandingkan profil C. Ketiga profil Z, C dan W sendiri berfungsi sebagai batang struktural yang mempunyai ketebalan setidaknya 0.8 mm sampai 1 mm.

  • Profil Baja Ringan B

reng baja ringanStruktur rangka baja ringan yang tengah dibuat membutuhkan penahan pada bagian penutup atapnya. Profil ini sebenarnya juga bisa disebut dengan istilah reng baja ringan. Profil baja ringan B sendiri dirancang lebih tipis daripada ukuran baja ringan lainnya agar memenuhi fungsi selayaknya reng untuk penompang atap.

Keunggulan Konstruksi Profil Baja Ringan

  1. Meskipun terkesan terlihat lebih berat daripada material kayu, namun baja ringan sendiri sebenarnya tidak lebih berat. Tentunya hal ini cukup menguntungkan, mengingat beban bangunan tidak lebih berat. Sudah pasti merupakan material yang jauh lebih diunggulkan dan mampu mengganti posisi naja ringan konvensional maupun kayu. Jauh lebih murah, kuat, anti rayap dan anti korosi.
  2. Rangka baja ringan yang dibuat tersusun dari berbagai lempeng baja ringan yang sifatnya lebih elastis. Pengaplikasian baja ringan cenderung lebih cepat dan mudah. Belum lagi setiap pabrik atau produsen sendiri juga sudah menyediakan contoh gambar pemasangan, sehingga perencanaan pemasangan bisa tetap terkontrol.
  3. Untuk ukuran tenaga yang sudah ahli, pemasangan profil baja ringan sebagai konstruksi atap paling lama sekitar 4-5 hari. Setidaknya setiap jasa pemasangan sendiri berjumlah 3-4 orang pekerja dan hampir setiap daerah atau kota besar sudah terdapat jasa ahli pasang rangka atap baja ringan.
  4. Saat terjadi guncangan gempa, tentunya rangka atap baja ringan tidak begitu berbahaya jika dibandingan material lain. Dimana beban baja ringan per meter persegi hanya sekitar 9 kg. Lebih ringan daripada kayu yakni sekitar 18 kg/m²) dan baja sekitar (25 kg/m²).

Berbagai peralatan atau aksesoris pendukung untuk pemasangan rangka atap baja ringan sendiri berupa sekrup dan bracket. Dimana kedua material ini sendiri juga sudah disesuaikan oleh setiap produsen baja ringan. Setiap sekrup dan bracket mempunyai ukuran yang berbeda-beda dan semua tergantung ukuran dan jenis profil baja ringan itu sendiri.

Terlepas dari itu semua, menggunakan profil baja ringan entah itu digunakan sebagai rangka atap genteng ataupun  rangka atap kanopi memang sudah sangat direkomendasikan. Profil baja ringan sendiri sudah sangat memenuhi standar dan lebih aman digunakan. Bahkan pengadaan biaya perencanaan rangka atap baja ringan sendiri sebenarnya juga jauh lebih terjangkau.

Tinggalkan komentar